jalan jalan sambil mengenal planet ditata surya kita

Oleh : Adin

Sudah berwisata ke tempat tempat misterius di dunia, kalo belum silahkan klik sini. nah sekarang lebih dahysat lagi neh perjalanan kita, berkeliling tata surya!!, yah sekedar mengingatkan lagi betapa maha luasnya ciptaan Allah ini, dan betapa sempurnanya ciptaanya, kita mulai dari planet yang paling ujung dan jauuuuh sendiri.

1. Pluto : terlepas dari segala isu yang menerpa planet kecil dan sengsara ini, pluto adalah planet yang paling jauh dari pusat tata surya kita (matahari), palnet ini bersuhu sangat dingin sekitar -238 derajad C, . tidak ada tempat untuk mahluk bertahan hidup disana. semenjak 75 tahun setelah ditemukan, pluto masih terbalut misteri. wahana nirwanak New Horizon yang diluncurkan untuk menneliti planet ini diperkirakan akan mendekati pluto dalam jarak terkecil pada juli 2015. proyek penelitian pluto jarang dilakukan, berbagai alasan menyebabkan banyak proyek untuk meneliti pluoto terhenti.



2. neptunus, planet yang tidak beda jauh sama pluto dingin, bersuhu minus 214 derajad C. jarak rata rata dengan matahri 4.450 juta Km. atmosfernya terdiri dari hidrogen, helium, dan metan, beracun bagi kehidupan, angin yang bertiup kencang mendekati 2000 km perjam!!, bergemuruh bak raungan singa. jangan pernah bermimpi ada kehidupan diplanet ini.

3. perjalanan kita lanjutkan ke Uranus : planet berupa gas yang pada permukaanya terdapat batuan dan es. suhu permukaanya -214 derajad C. atmosfernya terdiri dari hidrogen, helium, dan metan, beracun bagi kehidupan, sangat beracun bagi kehidupan, sekali lagi planet sunyi yang tidak ada kehidupan. Jarak Uranus dengan Matahari sebesar 2875 juta km. Uranus memiliki diameter mencapai 51.118 km dan memiliki massa 14,54 massa Bumi. Periode rotasi planet ini adalah 17,25 jam, sedangkan periode revolusi adalah 84 tahun. Bentuk planet ini mirip dengan Bulan dengan permukaan berwarna hijau dan biru. Uranus memiliki 18 satelit alami, diantaranya Ariel, Umbriel, Miranda, Titania, dan Oberon.


4. Perjalanan dilanjutkan ke planet paling indah, Saturnus : kenapa indah?? ya planet ini memilki sebuah cincin . cincin ini terdiri dari gas, batuan, dan es, alasannya kalo terbuat dari lempengan padat akan hancur oleh gaya sentrifugal, namun tidak mungkin terbuat daru zat cait karena gaya sentrifugal akan mengakibatkan timbulnya gelombang. jadi sejauh ini yang paling mungkin terdiri dari bongkahan bongkahan es meteorid. planet ini seluruhnya terdiri dari gas: 75% hidrogen dan 25% helium, dan kerapatannya kurang daripada kerapatan air. Jika Kalian ingin "mendaratkan" pesawat di Saturnus, sebaiknya merancang pesawat agar bisa seperti pelampung! Suhu rata-rata lagi-lagi sangat rendah: -178oC. indahnya lagi saturnus diketahui memiliki 56 buah satelit alami. malam yang indah jika ada kehidupan disana.


5. setelah saturnus kita menuju planet terbesar ditata surya kita Yupiter, Jarak rata-rata antara Jupiter dan Matahari adalah 778,3 juta km. Jupiter adalah planet terbesar dan terberat dengan diameter 14.980 km dan memiliki massa 318 kali massa bumi. Periode rotasi planet ini adalah 9,8 jam, sedangkan periode revolusi adalah 11,86 tahun. Seperti Saturnus, Yupiter juga planet yang dibentuk oleh gas. Karena sulit membedakan "atmosfer" dan "permukaan" pada planet seperti ini, sulit juga ditentukan berapa suhu "permukaan"nya, namun pada lapisan atas atmosfer, suhu mencapai -143oC. Bentukan alam yang menarik di atmosfernya adalah apa yang disebut "Bintik Merah Raksasa". Ini pertama kali diketahui 300 tahun yang lalu. Ahli astronomi sekarang mengetahui bahwa ini adalah badai yang luar biasa kuatnya yang telah berkecamuk di atmosfer Jovian selama berabad-abad. Badai ini cukup besar untuk menelan beberapa planet seukuran bumi !!!. Yupiter mungkin planet yang mendebarkan, namun bukan tempat tinggal bagi manusia, yang seketika akan tewas karena temperatur yang membekukan, angin yang ganas, dan radiasi yang tinggi. Jupiter memiliki 63 satelit. ga kebayang merasakan malam dengan ditemani satelit sebanyak itu.

6. kita sampai di Mars. sebuah planet yang hampir mirip secara fisik dengan bumi , planet yang sepanjang sejarah menjadi tanda tanya besar bagi ilmuwan akankah disana mendukung kehidupan. namun saya tegaskan disini tidak ada kehidupan sebab sebagian besar terdiri dari karbondioksida. seluruh permukaan dipenui oleh kawah akibat dari tubrukan meteor yang terus menerus serta angin kencang yang bertiup diseluruh permukaannya, yang dapat menimbulkan badai pasir berhari hari bahkan berminggu minggu. suhunya ekstreem hingga minus 53 derajad C. Di planet Mars, terdapat sebuah bentuk unik di daerah Cydonia Mensae. Fitur ini merupakan sebuah perbukitan yang bila dilihat dari atas nampak sebagai sebuah wajah manusia. Banyak orang yang menganggapnya sebagai sebuah bukti dari peradaban yang telah lama musnah di Mars. walaupun di masa kini, telah terbukti bahwa fitur tersebut hanyalah sebuah kenampakan alam biasa, namanya aja bentuk perbukitan.


7. sekarang kita sampai di planet tercinta kita, planet biru yang tiada taranya Bumi, sebuah planet yang diciptakan khusus kehidupan. diplanet ini kita tidak dapat menemukan keindahan diplanet lain, hutan, gunung, lautan air terjun, berbagai macam binatang dan tumbuhan, dsb. segala sesuatu pembentuk bumi sangat seimbang, kesalahan sedikit dengan susunan penyusun bumi, jangan harap ada kehidupan, kandungan oksigen dialam telah terukur dengan cermat, lebih tinggi dari batas ambang kebakaran akan mudah terjadi, begitu juga dengan grafitasi, jarak dengan matahari, periode rotasi, atmosfer, semuanya tersusun secara cermat tanpa cacat, karena meleset sedikit kehidupan menjadi mustahil. planet ini mempunyai satelit alami, Bulan. bumi diperkirakan berusia 4,6 Milyar tahun, sungguh planet yang berusia lanjut. sayang di bumi yang begitu indah ini tidak seindah dengan kehidupan yang ada, global warming, peperangan, penyakit, krisis ekonomi, kemerosotan moral menjadi kan bumi semakin sengsara. sudah saatnya mencintai kehidupan.

8. Venus : bisa dibilang bintang fajar, jika kalian pengen melihat venus pandanglah langit pagi sebelum matahari muncul sepenuhnya, waktu itu adalah tepat untuk melihat planet ini. tapi sekali lagi disana tidak ada kehidupan layaknya bumi kita. sebagian besar atmosfer venus mengandung karbondioksida (95%), nitrogen 3%, mustahil bisa hidup. planet ini diselimuti kabut putih cemerlang namun suhu permukaannya 450oC, cukup untuk melelehkan timah. Di permukaan planet, tekanan atmosfer setara dengan 90 kali tekanan atmosfer bumi: di bumi, kalian harus menyelam satu kilometer ke dalam laut untuk mendapatkan tekanan setinggi ini (resikonya telinga akan meledak, hancur berkeping keping). Di atmosfernya terdapat berlapis-lapis gas asam belerang sedalam beberapa kilometer. Tidak ada seorang pun atau kehidupan lain yang mampu bertahan sedetik pun di tempat yang ekstreem seperti ini. oya uniknya lagi Arah rotasi Venus berlawanan dengan arah rotasi planet-planet lain. dan jangka waktu rotasi Venus lebih lama daripada jangka waktu revolusinya dalam mengelilingi matahari.

7. perjalanan kita hampir selesai, planet terakhir tujuan kita, merkurius. sebuah planet kecil berbatu, panas, dan radiasi matahari. rotasinya sangat lambat karena terhambat oleh kedekatannya dengan matahari, menyebabkan planet ini melakukan hanya tiga kali rotasi aksial penuh selama dua kali berevolusi mengelilingi matahari. dengan kata lain, tiga hari dibumi sama dengan dua tahun di merkurius. karena perputarannya yang begitu lama. perbedaan suhu antara siang dan malam dapat encapai 1000 derajad C. sudah pasti tidak ada kehidupan.

Adin
berbagai sumber...

1 comments:

dany said...

mantapp..... dari cko bandung ty buat ilmu nya.....

Post a Comment

Kirim komentar

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Misteri Fenomena |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.