tak ada musuh yang tak dapat ditaklukkan oleh cinta
tak ada penyakit yang tak dapat dismebuhkan oleh kasih sayang
..
tak ada permusuhan yang tak dapat dimaafkan oleh ketulusan
tak ada kesulitan yang tak dapat dipecahkan oleh ketekunan


tak ada batu keraspun yang tak dapat dipeccahkan oleh kesabaran..
semua itu harus berasal dari hati bicaralah dengan bahasa hati, maka akan sampai ke hati pula kesuksesan bukanlah semata mata betapa kerasnya otot dan betapa tajam otak kita, namun juga betapa lembut hati dalam menjalani segala sesuatu..

kita tak kan menghentikan tangis seorang bayi hanya dengan merengkuhnya dalam lengan yang kuat atau membujuknya dengan berbagai gula gula dan kata kata manis. kita harus mendekapnya hingga ia merasakan detak jantung yang tenang jauh di dalam dada kita...cinta yang tulus dan datang dari hati yang tulus, tak kan pernah lenyap...

=====================================================================

Moai sang penjaga pulau 2

The Moai statues of Rapa Nui

Artikel ini sebenarnya bukan kelanjutan dari kisah Patung moai yang aku angkat waktu lalu, artikel ini hanya melengkapi artikel ku terdahulu..tapi yang pasti belumada jawaban yang memuaskan akan adanya patung patung ini hingga sekarang..kalo kalian punya aplikasi google earth, silahkan kalian kunjungi daerah ini…easter island

Tebaran patung patung ini Berlokasi dilautan Pasifik 27 derajat selatan garis Khatulistiwa,2200 mil disebelah barat pantai Chilie,terdapat suatu pulau yang sangat-sangat terpencil dan terisolasi di Dunia.
Pulau yang merupakan tempat tinggal ratusan patung-patung batu raksasa ini dianggap sebagai Pulau paling misterius didunia.Kehadiran Patung-patung batu raksasa yang mengelilingi Pulau sangat membuat kagum para Turis,Arkeolog,dan para Ilmuan.Namun,dibalik keindahannya,Easter Island lebih banyak menyimpan misteri.
Sampai saat ini,Para peneliti belum dapat mengetahui dengan pasti,siapakah yang menciptakan patung-patung raksasa tsb,dan bagaimana cara mereka memindahkannya?

Nama Easter Island sendiri merupakan pemberian dari seorang Pelaut Belanda pada Abad 18,Jacob Roggeveen.Pada tahun 1722,ia bersama awak kapalnya berhasil berlabuh di Pulau tersebut,karena hari dimana mereka menepi di Pulau itu bertepatan dengan peringatan Paskah (minggu ,5 April 1722),maka dinamailah Easter Island (Pulau Paskah).
Roggeveen bersama para awaknya sendiri adalah orang-orang Eropa yang pertama kali menginjakkan kaki dipulau tsb.


The Moai statues

Penduduk asli-nya disebut suku Rapanui (suku rapanui sebenarnya hanyalah suku pendatang),sedangkan nama sebenarnya dari Easter Island adalah Rapa Nui/Rapa Besar.Nama Rapa Nui sendiri memiliki kaitan dengan pulau lain diwilayah polinesia,yaitu Rapa iti/Rapa kecil.
Sedangkan Moai adalah nama bagi patung-patung raksasa yang tersebar diseluruh Easter Island.Moai sendiri mempunyai arti wajah/muka.
Menurut dongeng yang telah turun temurun dilkalangan suku Rapanui,Patung Moai dibuat oleh nenek moyang mereka.
Setidaknya terdapat tiga buah gunung berapi yang sekarang sudah tidak aktif lagi dipulau ini (yang terbesar memilik tinggi 1674 kaki),dan menurut penuturan penduduk asli,para Moai dipahat dari batu hasil sisa proses volcanologis (disebut Rano Rara) dari ketiga gunung-gunung api tsb.

Berat sebuah Patung Moai sangat bervariasi,yang paling ringan berbobot 14 ton,dan yang terberat bisa mencapai 165 ton.
Sekarang, yang menjadi pertanyaannya para arkeolog dan para peneliti lainnya adalah bagaimana cara suku-suku yang dulu mendiami pulau tersebut memindahkan para Moai yang berukuran besar dan berat keseluruh penjuru pulau?
Dari beberapa kisah yang dituturkan oleh tetua suku Rapanui sendiri,Para moai dipindahkan dengan sebuah kekuatan ghaib yang dinamakan "manna".
Dengan kekuatan tersebut,para moai seakan-akan dapat diperintah untuk berjalan sendiri untuk menuju kebeberapa podium batu besar yang dinamakan "ahu".
Ada beberapa teori lainnya yang berusaha memecahkan misteri artifak ini. Beberapa diantaranya percaya bahwa pulau ini adalah ujung dari daratan yang ada pada peradaban prasejarah, sedangkan yang lainnya berspekulasi adanya keterlibatan kehidupan luar planet.
Sampai saat ini,para Moai telah menarik sejumlah besar peneliti yang berusaha untuk mengetahui asal usul dan rahasia mereka.

Didalam catatan pelayaran Roggeveen sendiri,selama mengunjungi Easter Island, ia sangat mengagumi keindahan pulau yang mungkin selama beratus-ratus tahun kosong sebelum para suku Rapanui datang untung menetap.
Para Moai yang berdiri perkasa disekitar pinggiran pantai seakan-akan menjadi penjaga abadi bagi pulau itu.
Setidaknya terdapat 600 Moai yang tersebar berjejer mengelilingi garis keliling pulau yang tentunya lengkap bersama partner sejatinya "ahu".
Khusus bagi para Moai yang berdiri mengelilingi garis pantai rata-rata mempunyai tinggi 33 kaki dengan bobot masing-masing 80 ton,sedangkan untuk Moai didalam pulau sangatlah bervariasi.


Status para moai sendiri sampai saat ini juga masih misterius,sebenarnya apa fungsi dari patung-patung tsb belum diketahui secara pasti.
Namun para sarjana banyak mengasumsikan bahwa para Moai ini merupakan sebuah tanda yang dibuat oleh para penciptanya dengan tujuan untuk menunjukkan bahwa pulau ini adalah wilayah kekuasaan mereka.
Namun,adapula yang beranggapan bahwa Para Moai merupakan simbol dari suatu kepercayaan.Digambarkan,bahwa moai merupakan simbol bagi sebuah kekuasaan dan kekuatan.

Easter island sendiri banyak dikait-kaitkan dengan perdaban Inca,yaitu sebuah peradaban di Amerika Selatan yang telah menghilang.
Menurut beberapa teori,orang-orang suku Inca-lah yang membangun para Moai.
Jika dilihat dari struktur bebatuan,salah satu situs peninggalan suku Inca yang sangat terkenal yaitu Machu Pichu (Silahkan Klik) komposisi bebatuannya sangat mirip dengan para Moai.
Tapi bagaimanakah cara suku-suku Inca membawa babatuan ini ke Peru sebagai bahan dasar pembuatan Machu Pichu?

jika memang bukan suku Inca yang membuat,pastilah para penghuni asli Rapa Nui mempunyai hubungan yang sangat erat dengan mereka.

Menurut survei dari Arkeolog Belanda,Van Tilburg di tahun 1989,jumlah total dari patung monolitik di seluruh Easter Island adalah 887 buah. Berikut beberapa specifikasi patung moai yang uda teridentifikasi :

Largest moai:
Location: Rano Raraku Quarry, named "El Gigante"
Height: 71.93 feet, (21.60 meters)
Weight: approximately 145-165 tons (160-182 metric tons)

Largest moai once erect:
Location: Ahu Te Pito Kura, Named "Paro"
Height: 32.63 feet (9.80 meters)
Weight: approximately 82 tons (74.39 metric tons)

Largest moai fallen while being erected:
Location: Ahu Hanga Te Tenga
Height: 33.10 feet (9.94 meters)
Smallest standing moai:
Location: Poike
Height: 3.76 feet (1.13 meters)

secara Statistik tinggi rata-rata Moai adalah 13,29 kaki (4,05 meter),lebar dasar : 5,25 Kaki (1,6 meter), lebar kepala : 4,86 kaki (1,48 meter) , Total volume : 210,48 kaki kubik (5,96 meter kubik) , Berat total : 13,78 ton (12,5 metrik ton)

salam adin
betamedia
semoga bermanfaat

Special than to Dipta
berbagai sumber

Binatang juga punya kasih sayang


Tak peduli bagi seekor anjing untuk menyusui anak macan...bayi macan yang baru lahir tidak di susui oleh induknya, anjing siap menerima...



Beruang kutub yang galak sekalipun tidak pernah meninggalkan bayinya di tempat sampah atau dikolong jembatan, sang induk rela mempertaruhkan nyawanya demi keselamatan sang bayi...



Cinta dan waktu
Alkisah disuatu pulau kecil, tinggalah berbagai macam benda benda abstrak. ada cinta, kesedihan, kekayaan, kegembiraan dan sebagainya. mereka hidup berdampingan dengan baik.
namun suatu ketika, datang badai menghempas pulau kecil itu dan air laut tibatiba naik dan akaan menenggelamkan pulau tersebut. semua penghunipulau cepat cepat berusaha menyelamatkan diri. cinta sangat kebingungan sebab ia tidak dapat berenang dan tak mempunyai perahu. ia berdiri ditepi pantai mencoba mencari pertolongan, sementara itu air makin naik membasahi kaki cinta.

tak lama kemudian cinta melihat kekayaan sedang mengayuh perahu kekayaan! kekayaan! tolong akuteriak cinta, aduh maaf, cinta! kata kekayaan, perahuku telah penuh dengan harta kekayaanku. aku tak dapat membawamu serta, nanti perahuku tenggelam. lagipula tak ada tempat lagi bagimu diperahuku ini.

lalu kekayaan cepat cepat mengayuh perahunya pergi. cinta sedih sekali, namun kemudia dilihatnya kegembiraan lewat didepannya "kegembiraan tolong aku! teriak cinta, namun kegembiraan terlalu gembirakarena ia menemukan perahu sehingga ia tak mendengar cinta.
air makin tinggi membasahi cinta sampai ke pinggang dan cinta semakin panik. tak lama lewatlah kecantikan. "kecantikan, tolong aku!" kecantikan bawalah aku bersamamu!" teriak cinta, :wah cinta kamu kamu basah dan kotor, aku tak bisa membawamu ikut. nanti kamu mengotori perahuku yang indah ini.", sahut kecantikan.

cinta sedih sekali mendengarnya. ia mulai menangis terisak isak. saat itu lewatlah kesedihan "oh keseidihan, bawalah aku bersamamu,' kata cinta. "maaf cinta, aku sedang sedihdan aku ingin sendirian saja.." kata kesedihan sambil terus mengayuh perahunya. cinta putus asa. ia merasakan air semakin naik dan akan menenggelamkannya. pada saat kritis itulah tiba tiba terdengar suara, ':cinta!mari cepat naik ke perahuku!" cinta menoleh kearah suara itu dan melihat seorang tua dg perahunya. cepat cepat cinta naik ke parahu itu, tepat sebelum air menenggelamkannya.

dipulau terdekat, seorang tua itu menurunkan cinta dan segera pergi. pada saat itu barulah cinta sadar bahwa ia sama sekali tidak mengetahui siapa orang tua yang telah menyelamatkannya. cinta segera menanyakan kepada seorang penduduk tua dipulau itu, siapa sebenarnya orang tua itu "oh..orang tua itu tadi? dia adalah waktu" kata orang itu "tapi mengapa ia meyelamatkanku? aku tak mengenalnya, bahkan teman teman yang mengenalku pun enggan menolongku" tanya cinta heran ."sebab," kata orang itu," hanya waktulah yang tau berapa nilai sesungguhnya dari Cinta.."

2 comments:

Story of Me said...

waduh... gambarnya kok bisa macem2 gitu bisa aja sih.... hehehe dpt dari mana tuh :D

kopipasta said...

artikel yg bagus bro...
liat patungnya jadi inget rumahnya squirdwards tentacles yg di serial spongebobs hehe...

Post a Comment

Kirim komentar

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Misteri Fenomena |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.