Tahukah kamu :tentang tahun cahaya




kalian pernah dengar istilah tahun cahaya kan?? oke deh mari kita telaah lebih dalam apa itu tahun cahaya.
salah satu contoh yang menurutku pasaran tapi menarik agar lebih gampang dipahami. begini, kita tau bintang yang paling dekat dengan planet kita adalah proxima centauri, menurut sumber yang aku baca bintang ini letaknya sekitar 4,22 tahun cahaya, jadi kalo kita saat ini sedang melihat bintang itu anggap saja pake teleskop atau peralatan canggih lainnya, maka apa yang kita liat dari cahaya bintang yang kita liat saat ini adalah cahaya 4,22 tahun yang lalu.woow... bagaimana dengan objek bintang yang jaraknya lebih dari jutaan tahun cahaya??, kita berandai andai sedikit tapi ne berandainya bikin orang jadi setengah gila, anggap saja di bentaran jagad raya ini ada salah satu gugusan bintang atau galaksi yang memiiliki planet yang berpenghuni, anggap saja bumi kedua, dimana jarak bumi kedua itu anggap saja 500.000 tahun cahaya, trus di bumi kedua itu ada manusia yang iseng pake teleskop memandangi bumi kita (anggap saja teleskop mereka multisuper canggeh jadi bisa melihat kehidupan dan hiruk pikuk di permukaan bumi), jadi sambil geleng geleng kepala, apa yang dilihat oleh manusia di bumi kedua itu saat ini adalah peristiwa bumi 500.000 tahun yang lalu. bukankah begitu kesimpulannya maap kalo angan anganku salah (tolong dikoreksi n nulis koment bwat aku), jadi apa yang disampaikan oleh disalah satu ayat kitab suci alquran sangat sangat benar, kalo setiap detik sebuah kehidupan sebuah peradaban, atau lebih spesifik lagi kita sebagai manusia sebenarnya tidak lenyap begitu saja, maksudnya suatu saat nanti akan ditunjukkan kepada kita, misalnya baik buruk perilaku kita saat hidup di dunia suatau saat nanti akan di tunjukkan lagi kepada kita..misalnya juga peristiwa 23 tahun lalu dimana ketika kita sedang dalam gendongan ibunda tercinta, atau ketika kita sedang bermain layang layang dilapangan 15 tahun yang lalu sebenarnya masih bisa disaksikan di daerah yang berjarak 23 tahun atau 15 tahun cahaya dari bumi.,wow wow..ingat ingat 1 tahun cahaya berjarak 9.460.730.472.580.800, jadi kira kira berjarak berapa wilayah itu dari bumi, peralatan apa yang mampu kesana???????????? hanya bouraq yang bisa...

definisi dari tahun cahaya itu sendiri adalah satuan panjang yang didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun melewati ruang hampa udara. Istilah tahun yang digunakan untuk perhitungan adalah tahun Julian yang mempunyai 365.25 hari atau 31.557.600 detik. Kadang kala rata-rata tahun tropis 31.556.925,9747 detik digunakan. Karena cahaya menempuh kecepatan 299.792.458 meter per detik (m/s) dalam ruang hampa udara, maka dengan menggunakan tahun Julian, satu tahun cahaya sama dengan 9.460.730.472.580.800 kilometer (5.878.625.373.184 mil).

* Perlu sekitar 8,3 menit bagi cahaya agar bisa melintas dari Matahari ke Bumi (oleh karenanya, kita berada sekitar 8,3 menit cahaya dari Matahari).
* Bintang terdekat, Proxima Centauri letaknya sekitar 4,22 tahun cahaya.
* Galaksi kita, Bima Sakti, diameternya sekitar 100.000 tahun cahaya.
* Alam semesta yang dapat diamati radiusnya sekitar 13.700.000.000 tahun cahaya.

pernah neh aku dengar sebuah cerita, ketika nabi Muhammad diajak malaikat jibril untuk melakukan perjalanan isro miraj, waktu itu Rosulullah sedang tidur dan kaget dengan kedatangan dan maksud malaikat jibril dan tidak sengaja tangannya mengenai gelas yang ada di meja, kalian tau bahwa perjalanan isro miraj adalah perjalanan suci Rosulullah SAW ke masjidil aqsa dan dilanjutkan ke miraj atau langit ketujuh dengan menggunakan kendaraan bouraq, disana Rasulullah diajak melihat surga dan neraka, sholat berjamaah dengan para Nabi terdahulu, masih dicuci isi hatinya, setelah tuntas segala kegiatan suci tersebut Rosulullah diantar pulang oleh malaikat jibril kerumahnya, nah ini yang membuat seru, kalian tau kalau gelas yang tadinya dijatuhkan oleh rosulullah itu masih baru mengenai lantai, dan tumpahlah isi yang ada didalam gelas tersebut, mungkin ini bisa di simpulkan menurut ayat suci al quran bahwa kendaraan bouraq itu kecepatannya melebihi cahaya..



3 comments:

momo said...

suka artikelnya...^^
lanjutkan!

Anonymous said...

artikelnya sich bagus,,tapi paragraf ke-3 dari bawah koq hampir sama persis sama yang di wikipedia ya???
yang itu tinggal copy paste apa kebetulan sama??

Lodyjehaut@yahoo.co.id said...

anda mengatakan, andaikan dari dari bumi kedua sekitar 15000 tahun cahaya dengan bumi yang kita tempati, maka dari bumi kedua tersebut akan melihat peristiwa dibumi yang terjadi 1500 tahun yang lalu, anda belum menjelaskan secara mendetail hubungan cahaya dengan peristiwa yang lampau, apakah bumi kita dari bumi kedua tuh ibarat video yang diputar mohon penjelasannya.

Post a Comment

Kirim komentar

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Misteri Fenomena |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.