Laba-laba



Bisakah laba laba hidup tanpa benangnya??

Sobat… dan pembaca yang budiman pada tulisanku kali ini aku bahas sedikit tentang laba laba karena dapat dipastikan kita sangat sering berjumpa dengan binatang yang satu ini, disamping bentuknya tbuhnya yang elegan yang kadang dapat diidentikkan dengan seorang cowok yang macho dan percaya diri J, kita juga kadang terkagum kagum dengan sifatnya yang lincah yang dapat mengeluarkan benang dari tubuhnya untuk kepentingan hidup sehari hari. mungkin kamu semua pernah nonton film spiderman. Bagaimana lincahnya seorang spiderman loncat dari gedung satu kegedung lainnya dengan menggunakan benangnya. Apaakh kamu pernah berpikir bagaimana seorang spiderman bisa pindah dari gedung satu kegedung lainnya tanpa adanya benang, mungkin akan terasa aneh jika film spiderman tanpa adanya benang benang yang selalu meyertai kehidupan spderman. Singkatnya apakah spiderman bisa menjadi lincah tanpa benang?.


Seratnya sangat elastis sekali

Cerita lain yang juga menarik atas sangkut pautnya hewan ini adalah bagaimana seekor laba laba dapat membantu Robert the Bruce raja scotlandia. Ceritanya begini begini, sebuah legenda menuturkan bruce sedang bersembunyi dari kejaran musuhnya. Dia berbaring ditempat tidur disebuah pondok, ketika dia melihat seekor laba laba sedang mencoba berayun dari satu balok kebalok yang lainnya menggunakan benangnya. Laba laba ini mecoba enam kali dangagal. Bruce menyadari bahwa dia telah melakukan pertempuran sebanyak itu dan melawan inggris dan gagal. Dia memutskan bila labala laba itu mencoba untuk u\yang ketujuh kalinya dan berhasil, dia juga akan mencoba lagi. Usaha ketujuh dari laba laba itu ternyata berhasil, sehingga Bruce membulatkan hati dan maju berperang untuk meraih kemenangan. Itu sedikit cerita bagaimana seekor laba laba yang pantang menyerah yang memberikan inspirasi kepada seorang raja.
Dalam kurun waktu dua tahun

Namun pada pembahasan kali ini saya bukannya akan membahas tentang film spiderman, ataupun cerita legenda seperti yang ada diatas, disini saya akan coba membahas bagaimana perilaku laba laba asli yang sering kita lihat dalam keseharian kita dengan benangnya yang tangguh itu..

Nah. Sekedar kamu tahu kalo didunia ini ada sejenis laba laba yang tidak menjalin sarangnya, jadi laba laba ini tidak sama dengan laba laba yang menjalin sarangnya untuk tempat berdiam diri. Laba laba ini sangat tergantung pada benagnya, sehingga mereka tidak akan dapat hidup tanpa benang. Kemanapun laba laba itu pergi, pasti memintal benang sutra dibelakang tubuhnya. Menurut buku yang pernah aku baca benang laba laba itu disebut drigline, benang laba laba tidak dapat larut dalam air dan merupakan filamen alami paling kuat yang diketahui. pernah saya baca dari sebuah buku kalo benang ini menjadi bahan baku utama dalam pembuatan rompi anti peluru, ini dikarenakan sifat benang ini yang sangat kuat sekali. Benang ini terbuat dari protein dan dibentuk dalam kelenjar aba laba.. Dragline juga dapat disebut dengan lifeline tali penyelamat, karena laba laba sering menggunakan untuk meloloskan diri apabila ada bahaya dari musuh. Bila ada bahaya yang mengancam keselamatan laba laba disarangnya, laba laba dapat menjatuhkan diri dari sarangnya menggunakan benang ini dan bersembunyi dibawah rerumputan. Kadang kita pernah mengganggu seekor laba ;laba yang berada disarangnya namun tiba tiba laba laba itu langsung menjatuhkan diri dari sarangnya, nah itulah contoh yang paling gampang. Atau kadang laba laba itu hanya bergantung di udara sampai bahaya lewat. Kemudian apabila kondisi udah aman laba laba itu akan kembali kesarangnya. Ada juga laba laba yang berjenis laba laba pemburu, laba laba pemburu menggunakan benang ini untuk berayun ketanah dari ketinggian. Laba juga menggunakan benang sutra untuk memintal massa kecil dari benang yang lengket yang disebut attachmen dics (cakram untuk menempelkan). Laba laba menggunakan benang ini untuk melekatkan benang penyelamat dan sarang ke berbagai permukaan. Ada beberapa laba laba yang menjadikan sarang ini untuk menangkap musuh yang terjerat dalam sarang ini. Di dunia ini ada juga sejenis laba laba yang kita sebut dengan laba laba orb weaver, laba laba ini dapat membungkus korbannya, sehingga tampak seperti mummi sehingga korbannya tidak dapat meloloskan diri. Untuk penjelasan lebih luas lagi mengenai laba laba, kalian dapat membuka halana ini www.wikipedia.com












0 comments:

Post a Comment

Kirim komentar

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Misteri Fenomena |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.